Milford Sound: Pengalaman Naik Cruise Yang Tak Terlupakan


Siapapun yang liburan ke New Zealand untuk pertama kali, pasti memasukan Milford Sound ke dalam itinerary mereka. Begitu juga dengan kami. Bahkan, kami dengan niat menginap di kota kecil bernama Te Anau yang terletak dua jam dari Milford Sound. Kebanyakan turis memilih untuk melakukan daytrip dari Queenstown ke Milford Sound dengan waktu tempuh 4 jam one way. Hal ini tidak kami pilih karena takut kiddos rewel di mobil.

Dan menginap di Te Anau memang pilihan yang tepat, sehingga kami bisa menghemat budget dan memilih waktu cruise paling pagi (jam 08.50). Ryan pemilik Birchwood Cottage yang kami tingali di Te Anau pun speechless ketika ia bertanya kepada saya "Why did you book the cruise at 9 am, that's too early.." Saya jawab dengan jujur, "It was the cheapest tour I could get" :p

Pagi hari di Milford Sound

Setelah solat subuh jam 4 pagi (kala itu waktu Solat Subuh di NZ mulai jam 3 pagi), saya dan Rene menyiapkan makanan yang akan kami bawa ke Milford Sound. Cruise yang kami pilih hanya menyediakan teh dan kopi. Sebetulnya tersedia tour yang menyediakan makan siang, dengan selisih harga NZD 40 per orang. Tentu saja kami memilih membawa bekal.

Tepat jam enam pagi, kami berangkat menuju Milford Sound dengan kedua kiddos yang melanjutkan tidurnya di mobil. Kami hanya berhenti sekali, padahal sepanjang jalan banyak sekali pemandangan indah. Namun kami harus tiba pukul 8.30 di Milford Sound. Spot foto yang super keren pun terpaksa kami lewati dengan janji untuk berhenti saat perjalanan pulang nanti.

Kami tiba lebih cepat dari target, untunglah karena kami harus berjalan cukup jauh dari tempat parkir ke dermaga. Begitu membuka pintu mobil, kawanan sands fly dan angin kencang langsung menyerbu. Gigitan Sands fly ini kabarnya bisa membuat kulit menjadi sangat gatal. Dan walaupun sudah diingatkan oleh teman saya, Pak Teguh, kami tetap tidak membawa insect repellent. Kami hanya mengandalkan sang tiger balm. Sebelum turun dari mobil kami minta kiddos untuk memakai tutup kepala dan mengingatkan untuk selalu mengibaskan tangan jika terkena serangan sands fly.

Jalan kaki dari tempat parkir ke dermaga
Siap menghadang Sands Fly:p
Tiba di Dermaga yang masih sepi pengunjung

Setelah check-in di counter Mitre Peak, kami menunggu sebentar di sofa yang disediakan untuk pengunjung. Ada beberapa pilihan cruise untuk mengarungi Milford Sound. Tergantung pilihan anda, apakah prefer boat kecil atau boat besar? Real Journeys merupakan salah satu cruise provider yang paling terkenal. Di perjalanan dari Queenstown ke Te Anau, saya bertemu dengan banyak bis bertuliskan Real Journeys.

Harga cruise paling pagi kurang lebih sama untuk semua provider yaitu NZD 70 per orang, kiddos#2 yang berusia 4 tahun masih gratis, jadi saya hanya membayar tiga ticket. Pilihan saya jatuh ke Mitre Peak karena dari review yang saya baca, tour nya lebih private, tidak terlalu crowded. Selain itu cruise dengan boat kecil memberi keuntungan bisa masuk ke wilayah yang tidak bisa dimasuki oleh big boat. Namun, jika cuaca buruk, maka guncangan di boat kecil akan lebih terasa.

Pilihan saya tidak salah, pagi itu boat kecil kami sangat lengang. Kiddos bisa masuk ke ruang captain untuk foto. Dan kami bisa dengan leluasa "menguasai" bagian belakang kapal.

menikmati teh di dalam boat
tempat fave kami di bagian belakang kapal


Pemandangan yang kami lihat memang magnificent, boat kami juga mendekat ke kawanan anjing laut yang hidup bebas di alam. Kami melewati dua air terjun, dan karena tidak sempat memakai ponco yang sudah kami siapkan dari Jakarta, akhirnya kami hanya foto dari dalam boat di air terjun yang kedua. Gila, airnya deres banget!

Milford Sound yang agung
melihat seals dari dekat
on the right: air terjun yang sangat deras

Total perjalanan boat kecil kami yang hampir dua jam ini, sukses membuat kiddos#2 tertidur di atas boat. Enak kali ya terombang-ambing sambil diterpa angin sepoi-sepoi hehe.


ada yang betah di atas boat:p

Kami juga membeli ticket untuk masuk ke Underwater Observatory Milford Sound. Karena tiketnya yang mahal, kami hanya membeli satu tiket dewasa dan satu tiket anak, masing-masing NZD 36 dan NZD 18. Kiddos#2 kembali mendapatkan kesempatan masuk gratis. Ketika boat mendekat ke observatory deck, Rene dan kiddos pun turun, sementara saya melanjutkan perjalanan ke dermaga terlebih dulu.


Underwater Observatory di Milford Sound

Underwater observatory sangat edukatif memberikan pengunjung informasi mengenai sejarah Milford Sound, serta apa saja yang ada di bawah laut. Setelah diberikan penjelasan di lantai atas, pengunjung turun ke bawah dan menikmati pemandangan bawah laut dari kaca. It was a special experience for kiddos.



Turun ke area observatory
up close and personal dengan binatang di dalam laut

Kami bertemu kembali di dermaga, membeli permen dari vending machine, dan memutuskan untuk kembali ke Te Anau. Karena cape dan ngantuk, kami hanya berhenti di depan Hommer Tunnel, dan melewatkan Mirror Lake! Aaaargghh..penyesalan tiada tara. Padahal katanya Mirror Lake ini sungguh indah.

berhenti sejenak setelah Hommer Tunnel

Kami kembali ke Birchwood Cottage dan istirahat di rumah hingga malam tiba. Sore hari turun hujan, sehingga kami putuskan tidak mengunjungi danau di Te Anau. Saya hanya sempat belanja di supermarket dan para Bapak menyiapkan makan malam untuk kami sekeluarga sore itu.

para Bapak masak di cottage

Sungguh pengalaman yang luar biasa untuk dapat melihat dengan mata kepala sendiri (biasanya selama ini hanya lihat foto di internet), keagungan Milford Sound. "Subhanalloh, sungguh indah ciptaan-Mu Ya Alloh" ucap saya berkali-kali selama di atas boat. 


written on Feb 1, 2014 by @tesyasblog


Next Post:

Previous Post:

4 comments:

  1. Wisata milford sangat bagus boleh juga untuk di coba nih,he..he..dan artikelnya pun juga bagus untuk di baca meskipun panjang tpi saya betah untuk membacanya..sukses ya..
    http://bromoexoticadventure.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you Hariyanto sudah mampir ke blog kami. Kami mau banget tuh someday ajak kiddos ke Bromo:)

      Delete
    2. nice blog mas, kita ada rencana mau ke queenstown agustus ini, boleh nanya, kalau disepanjang jalan ke milford sound itu boleh berhenti di sepanjang jalan (berhenti sembarangan dan dimana aja) atau hanya di tempat tertentu saja (look out point). patokkan ke mirror lake apa yah? apakah bisa dikunjungin pas jalan pulang dari milford sound atau harus pas mau berangkat? selain mirror lake apa lagi yang wajib di liat ? heheeheh sorry banyak nanya nih

      Delete
    3. Hallo...Mas atau Mba nih ya hehe..

      Boleh aja berhenti karena jalanan sepi, asal cari yang aman ya. Patokannya ada tulisan kok Mirror Lake. Bisa dikunjungi pada saat pergi atau pulang.

      Maksudnya yang wajib diliat dimana nih? Di daerah sekitar MIlford Sound kah? Kalau iya, tunnel nya itu pastinya.

      Btw kalau Agustus ada kemungkinan terowongan ditutup salju, jadi coba cek dulu aja ya kondisinya.

      Have fun ini NZ:))

      Delete