Family Backpacking ke Johor Bahru dan Singapura

Sejak berita dibukanya Waterpark Legoland, saya yang awalnya enggak begitu tertarik mengunjungi Legoland, merubah itinerary yang sudah kami ceritakan disini menjadi Family Backpaking ke Johor Bahru dan Singapura. Atraksi permainan air memang selalu ingin saya coba mengingat kiddos sangat menyukai berenang, bermain di waterpark, snorkeling dan sejenisnya. 

Kurs Singapura yang terus naik dan pengalaman pergi ke Johor Bahru dalam rangka Mommies Day Out pada bulan September 2013, membuat saya yakin untuk mengunjungi Johor Bahru dengan keluarga.

Nah untuk Anda yang membutuhkan panduan untuk merencanakan liburan ke Singapura dan Johor Bahru, Anda sudah bisa membeli buku yang saya tulis bersama @olenp berikut ini ya. Harganya Rp 43.800 bisa dibeli di toko buku. Jika kesulitan mendapatkannya, beli via saya juga bisa :) Silahkan email ke tesyas.blog@gmail.com





Bus dari Changi Airport ke Johor Bahru

Untuk menghemat waktu, kami berencana hanya menjadikan Singapura tempat transit di hari pertama kami tiba. Kami akan naik bus TS1 yang bisa mengantarkan kami langsung ke Johor Bahru. Harga tiket untuk dewasa adalah SGD 7 sedangkan untuk anak harganya SGD 3,5. Karena naik Air Asia yang landing di Terminal 1 Changi, saya sudah mencatat bahwa kami harus menuju ke Arrival Hall coach bay no.12 tempat menunggu bus TS1.

Ohya, dari pengalaman naik bus ke Johor Bahru sebelumnya, sangat disarankan hanya membawa backpack, karena pada dua kali proses imigrasi baik di Singapura maupun Malaysia, semua barang harus dibawa turun.

Dimana Menginap di Johor Bahru?

Sesuai dengan tujuan kami ke Johor Bahru yaitu untuk Legoland Trip, kami memilih hotel Tune Hotel Danga Bay yang memiliki shuttle bus dari dan menuju Legoland. Hotel Tune ini memiliki quadruple room dengan harga MYR 120 sudah termasuk ac (atau MYR140 dengan tax). Lumayan murah kan untuk keluarga berisi empat orang.

Sebetulnya untuk Legoland Trip, akan lebih ideal jika menginap di Hotel Legoland, namun berhubung harga pada tanggal kami berlibur mencapai MYR 520 per malam belum termasuk pajak, kami lebih memilih tinggal di Tune Hotel:D Btw harga MYR 520 itu termasuk murah, karena pada high season harganya bisa mencapai MYR 1.000 (belum termasuk tax). Sejujurnya, saya ngiler melihat setiap kamar di Legoland Hotel memiliki kamar anak yang terpisah, harganya memang sudah termasuk sarapan untuk empat orang. Tapi mengingat budget liburan yang sudah saya patok Rp 10 juta untuk 4 hari 3 malam termasuk tiket pesawat, akomodasi, transport, membeli mainan, makan+jajan dan tiket masuk Legoland+waterpark, saya segera menutup website Legoland hotel:p

Jika ini adalah kunjungan pertama anda ke Johor Bahru, sangat disarankan menginap di sekitar JB Sentral, yang merupakan hub transportasi di Johor Bahru. Kami dulu menginap di Hotel Hanya Satu dan Citrus Hotel yang berada tidak jauh dari JB Sentral. Citrus Hotel merupakan hotel favorit warga Indonesia yang mengunjungi JB, mungkin sudah bisa disebut sebagai "hotel sejuta umat" seperti V Hotel Bencoolen dan V Hotel Lavender di Singapura.

Itinerary 4 hari 3 Malam Family Backpaking Johor Bahru dan Singapura

Untuk pembaca tesyaskinderen yang ingin tau lebih detail mengenai rencana family backpacking kami di Johor Bahru dan Singapura, kira-kira seperti inilah itinerary yang sudah kami rancang. Jika ada pertanyaan silahkan email, colek saya di twitter @tesyasblog ataupun tinggalkan comment di tulisan ini ya.

Day 1:
08.30 Tiba di Singapura jam 8.30 pagi hari, 
09.25 Naik bus TS1 ke Johor Bahru
         Lanjut naik bus JPO2 dari CIQ 2nd Link ke Legoland
13.00 Setelah makan siang, main di Legoland Waterpark.
17.30 Naik shuttle ke Tune Hotel dari Legoland
18.30 Check-in di Tune Hotel dan makan malam sekitar hotel

Day 2:
09.00 Naik shuttle Tune Hotel ke Legoland
10.00 Main di Legoland Theme Park
17.30 Naik shuttle ke Tune Hotel dari Legoland
18.30 Makan malam sekitar Tune Hotel

Day 3:
10.00 Dari Tune Hotel naik taksi ke JB Sentral
         Proses imigrasi Malaysia, dan naik bus CW2 ke Queen Street-Bugis
12.00 Makan siang di Bugis
13.30 Menuju Fragrance Hotel Emerald dengan MRT dan bus
14.00 Check-in di hotel dan istirahat
16.00 Ke Botanical Garden, main di Jacob Ballas Children Playground
19.00 Makan malam di Banquet Food Court Vivo City
20.00 Shopping di Toys R Us Vivo City
21.00 Kembali ke hotel

Day 4:
08.00 Taksi menuju Bandara Changi
10.25 Kembali ke Jakarta

written on December 8, 2013


REVISED PLAN (written on April 9, 2014)

Hari libur karena pemilu, saatnya update itinerary yang sudah fixed karena seminggu lagi akan berangkat.

Hotel di JB: akhirnya kami memilih malam pertama di Thistle Hotel (MYR 250). Pertimbangannya: pool yang keren dan lokasinya tidak jauh dari Tune Hotel. Selain itu, saya pernah melewati hotel ini sebelumnya. And I told myself, "keren nih liat sunset dari hotel Thistle" hehe.. Di depan hotel Thistle ada lapangan City Hall yang fotogenic. Jadilah saya yakin menginap di Thistle, walaupun kami harus membeli makanan cukup banyak di JB Sentral sebelum kami naik taksi ke Thistle. Karena kabarnya sulit menemukan restoran di dekat hotel Thistle.
Revisi Itinerary
Day 1: Dari Singapura kami akan langsung ke Johor Bahru dan leha-leha saja di hotel. 
Day 2: Hari kedua kami akan naik taksi ke Tune Hotel pada pagi hari dan naik shuttle ke Legoland yang dijadwalkan jam 09.30. Kami akan menghabiskan satu hari untuk Legoland theme park dan water park.
Day 3: Setelah menyimpan backpack di Fragrance Hotel Emerald, kami akan pergi ke Gardens by The Bay, dan bermain disana hingga sore tiba. Kalau sempat kami akan kembali mengunjungi Marina Barrage  untuk hunting sunset. Atau kalau tidak sempat, kami akan langsung ke Marina Bay Sands untuk melihat lasershow.


Mohon doanya ya agar Family Backpacking ke Johor Bahru dan Singapura yang sudah kami rencanakan ini bisa terlaksana. Amiiin.



written on August 12, 2013
Follow our IG & twitter: @tesyasblog
Like our FB Fanpage: Tesyasblog
See our video on youtube: tesyasvlog



Next Post:

132 comments:

  1. hi mba Tesya :),

    kebetulan bulan depan jg aku ada planning mau bw anak ke kittyland di JB, rencananya jg mau naik shuttle dr changi, kr2 ada info ga ya mba utk shuttle dr Kotaraya ke Kittyland/ Tune Hotel?

    Thanks ya mba,

    Dhana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Dhana.

      Aku baca ada shuttle dari Marina Bay langsung ke Tune JB loh. Tapi di forum tripadvisor ada yg complaing karena bis nya ga muncul. Nah makanya aku ga mau gambling dan naik bis dari Changi aja. Bis TS1 akan mengantarkan penumpang dari Changi hingga imigrasi Singapura, lalu lanjut naik bis JPO2 aja ke Hello Kitty Land. Silahkan klik link TS1 di atas ya.

      Kalau shuttle ke Tune dari JB Sentral aku belum nemu, tapi bisa naik taksi aja dari JB Sentral ke Tune Danga Bay sekitar RM 25. Atau kalau mau agak ribet, dari Hello Kitty naik JPO2 ke Legoland, terus dari Legoland naik shuttle ke Tune.

      Have fun liburannya ya..

      Delete
    2. Mba Tesya...

      sptnya agak ribet jg ya harus naik turun bis lg mengingat kondisiku bulan depan nanti udh hamil 6 bulanan plus bawa anak kecil 3th :D... kira2 mencari taksi di lokasi imigrasi Sin susah ga ya mba? krn rute pertama setelah sampai di JB mau langsung check in dl di Tune baru ke Kittyland.

      menurut mba Tesya ada saran lain yang lebih baik ga ya? yg ga terlalu ribet tentunya :)).

      thanks a bunch ya mbak...

      Delete
    3. Hai Dhana,
      Wah ternyata lagi hamil ya? Kalau gitu naik taksi aja dari Singapore nya. Gini mba cara yg ga ribetnya:
      1. Naik taksi dari Changi ke Queen Street Taxi Stand (sebelah Ban San Bus Terminal, yaitu bis khusus ke JB) - SGD 20. Taksi ke JB hanya bisa diambil dari sini, ga bisa pake taksi biasa. Pls refer ke tulisan di atas mengenai bus to Johor Bahru ya. Di situ ada foto taxi stand nya.
      2. Naik taksi dari Queen Street ke JB Sentral - SGD 40
      3. Naik taksi dari JB Sentral ke Tune - MYR 20

      Hope it helps ya Dhina...

      Delete
    4. Hi mba...

      Thank you bgt ya infonya, sgt membantu sekali... smg sukses jalan2 ke JB next week :))

      Delete
    5. Hi Mbak..tanya doong..di legoland itu nggak cukup hanya sehari ya?

      Delete
    6. Hi Mbak, cukup katanya sih Mba *maaf karena belum kesana

      Delete
  2. hi mbak Tesya,
    book Tune via apa ya? kok via Agoda ga ada quadruple room nya?
    Soalnya ngiler jg bs 140 MYR plus AC. Sy rencana tgl 10 Jan mbak.
    Thanks ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi juga Mommy Aby,

      Saya book via website tune langsung..silahkan dicoba ya apakah masih tersedia..dan have fun liburannya:)

      Delete
    2. Thank you mbak infonya.. apadaya harganya udah 300 RM skrg... Kurang hokkie nih :)

      Delete
    3. Hah serius mahal amat ya...trus inep mana donk?

      Delete
  3. hai mbak tesya, ak rencana nanti tgl 21 mau k johor trus k sin tgl 22 ny. kira2 naik bus dr mn y kl johor ke sin? biayanya brp y? ak nginep di bayu marina resort di jl bayu puteri. thanks y info ny.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai April, bis dari Johor Bahru ke Singapura bisa naik dari JB Sentral, kalau mau ke daerah Bugis bisa naik bis CW2 dengan biaya per orang RM 2,5. Murah meriah:)

      Delete
    2. Berapa kepala tuh dengan 10 juta, kalo cerita yang jelasssssas BU

      Delete
    3. Dear Carlo, silahkan refer ke tulisan sebelumnya dengan judul Berapa Biaya Liburan ke Singapura. Biaya tsb untuk keluarga kami, 2 dewasa dan 2 anak.

      Delete
  4. Kalo family 4 orang ga mungkin buuuuu, minimallll abiez 13-14 jutaan.

    ReplyDelete
  5. Ini budget kami Carlo:
    -Tiket: 1,9 jt ber 4 nett pp promo AA
    - Hotel Tune JB 2 malam plus tiket masuk Legoland dan shuttle bus utk ber 4: 2,5 juta
    - Hotel Fragrance Emerald Spore semalam family room Rp 1 juta

    Sisanya adalah utk transport dan makan.
    Kuncinya di ticket promo sih menurut saya untuk hemat budget traveling.

    ReplyDelete
  6. Dear mba tesya..mau info dunk, adakah tiket promo /diskon untuk masuk legoland?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai...bisa cek ke website Legoland, discount untuk pembelian 7 hari di muka. Aku sih beli via Tune Hotel pas book room nya ya, dan lumayan murah harganya.

      Delete
  7. mbak, itu main di legoland, koper2 ditaro dimana? secara blum ke hotel hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rencananya titip di locker Yuni, ada sewa locket dengan biaya MYR 10 di web nya aku baca..

      Delete
  8. dear mba tesya... salam kenal.. any advice kah untuk kami yang rencananya mau ke johor baru - singapore 6 hari 5 malam rencananya kami sekeluarga (2 adult and 2 kids (2 tahun dan 5,5 tahun)). Kebetulan kami juga dapet tiket promo AA.. need info ya mba.. bingung bikin itenarynya soalnya. Maunya bisa ke legoland dan keliling2 di singapore juga. terimakasih. boleh minta alamat emailnya,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Miemie, wah aku baru baca blog nya tentang Ayah yang masuk RS, semoga Ayah sekarang udah sembuh ya..amiin..

      Silahkan email aku ya: tesyas.blog@gmail.com

      Itinerary paling ideal untuk Singapura dan Johor Bahru menurutku adalah 2 hari di JB dan 2 hari di Singapura, dan bahkan Miemie punya 5 malam, asyik banget! Ini usulanku untuk grand itinerary nya:

      Day 1: Tiba di Singapura, naik bis ke JB. Bermalam di JB. Jalan-jalan di sekitar hotel (pilih hotel sekitar JB Sentral aja biar ga mati gaya:D)
      Day 2: Full day Legoland Theme Park. Bermalam di JB
      Day 3: Hello Kitty Land (karena anakmu cewek) atau bisa juga ke Johor Premium Outlet. Naik bis ke Singapura. Bermalan di Singapura.
      Day 4: Singapore Zoo dan River Safari, all day. Malamnya anak dan ayah di hotel, Miemie bisa belanja oleh oleh di Mustafa Little India:D
      Day 5: Sentosa Island all day
      Day 6: Pesawat jam berapa? Kalau sore or siang, pagi bisa foto-foto di Icon Singapura (Merlion, Marina Bay, Singapore Flyer, Marina Bay Sands dan Gardens by The Bay).

      Hope it helps ya.. Btw kalau punya 6 hari, mungkin aku terusin ke Melaka karena hanya 3 jam dari JB. Hehehe..

      Delete
    2. Mba tesya terimakasih balasanya... aku email ya untuk lebih rincinya.. terimakasih atas bantuannya...

      Delete
  9. Yg mau ke legoland ,ada nih promo dr biskuit o**o diisetiap bungkus biskuitnya ada voucher kids go free ,sy tgl 3 januari 2014 kmrn ke legoland ber 8 ,4dewasa 4 anak ....lumayan ngirit sektr 440rm ....anak anak jd gratis ,biskuitnya banyak dijual minimarket 7eleven johor bahru
    ,promonya berlaku sd 31 maret 2014,seblm promo dr biskuit o**o ,ada promo dr susu dutch lady malah legoland theme park + Waterpark nya ,yg pk tiger air jg ada shuttle bis gratis dr transtar lsg ke johor bahru ,tp jgn lupa vouchernya kudu diprint dulu ,bisa didownload dr website tiger ....kami ber 8 ,4dewasa hemat 28sgd ,4anak anak hemat 14sgd

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Nadiya, thanks a lot infonya:) Wah sayangnya aku pake air asia jadi ga bisa pake voucher Tiger ya. Nama bis nya apa? TS1 itu bukan?

      Delete
    2. Bis sama dengan TS1, voucher bisa donlod di http://adf.ly/4083600/shuttlebus-sgptojb

      salam dr wisatakeren.com

      Delete
    3. Thank you infonya yvzur:)

      Delete
  10. Tesyaa.. Need help dunk..

    Sy rencananya mau k Singapore n legoland bln dpn..
    Sy malah kebalik niyh.. Krna dah pernah k SG jd swami lbh prefer inep di hotel SG slama 4hr.. Udh booking pula hotelnya..

    Itenery nya gmna yaa say? Huhuu

    Pengennya bisa ke legoland+kitty dlm 1hr ajah.. Bisa ga yaa? Sisanya baru di uss or skitaran SG ajah.. Oiya mau dunk dpt promo ticketnya.. Blm beli ticket niyh.. Rencanany brangkat awal feb.. Huaaa..

    Big thanks before yaa tes..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Ayzka..aiiis..namanya susah betul:D Iya ayo hunting Oreo di Singapur...

      Day 1: Sampai Singapura, jalan jalan deket hotel aja ya. Bisa juga ke Mustafa, belanja di Bugis Village, Chinatown, or ke Orchard.
      Day 2: PP ke Legoland, Hello Kitty. Bisa sih keduanya, asal pagi banget dari Spore. Terus nanti ada bis dari Legoland ke Hello Kitty. Bisa naik LM 1 ataupun JPO2, silahkan googling ya jadwalnya.
      Day 3: USS all day
      Day 4: pulang jam berapa? Kalau siang, ya jalan deket-deket hotel aja..Kalau sore, paginya bisa foto foto arena Esplanade, Merlion dan Marina Bay Sands..

      Hope it helps ya...

      Delete
  11. Tess.. Mksdnya promo ticket legoland n kittynya.. Uss kl ada.. Hihiii..

    ReplyDelete
  12. Nadiya.. Itu promo dr o**o nya cuma bisa di beli disana yaa? Di indo ada ga? Hahaaa Waah boleh juga tuh.. ~(‾⌣‾~) (~‾⌣‾)~

    ReplyDelete
  13. Woww big thanks yaa..

    Btw kl dr mustopa itu ke johor ada bis nya ga? Atw hrs dr changi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayzka, dari Mustofa paling deket bisa jalan kaki or naik taksi (paling less than SGD 5) ke Queen Street Bus Terminal, baru dari situ naik bus CW2 ke JB.

      Delete
  14. Bisnya transtar ,bisnya wkt itu nunggu di terminal 2 pilar no 9, supirnya baik bgt wkt di woodlands check point semua penumpangnya ditungguin gak ada yg ditinggalin ,biskuit oreo yg ada voucher kids go free buat ke legoland cuma ada di malaysia ,wkt itu sy beli di 7eleven johor harganya sektr 4,5rm,promonya berlaku sd 31 maret 2014....mungkin bln april dah ganti promonya,seblm oreo ada promo dari susu dutch lady

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Nadiya, aku udah dapet nih promo Dutch Lady nya, semoga ga ada halangan dan bisa sampe ke Legoland sesuai rencana. Amiiin. Thanks ya untuk info promo Legoland nya.

      Delete
  15. halo... saya mau ke johor bahru.. kalau dari tune ke JB sentral apa ada bus/ KTM ? apa harus naik taksi ? kalau kita di sana 3 hari tempat yang recomended dikunjungi yang mana ya ? kalau soal penginapan yang ok lebih baik pilih di mana ya ? kalau di sekitaran JB sentral pasti lebih mahal dari pada di tune tapi apa jauh kemana- mana alias harus pakai taksi? dan apa cari taksi di sana sulit ? pakai argo atau harus tawar menawar ? emang apa ada armada taksi yang murah atau lebih mahal ? terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Ratna, untuk bis umum saya ga tau. Tapi bus khusus ada yg melewati Tune, misalnya bus JPO1 tujan ke Johor Premium Outlet dan bus LM1 tujuan ke Legoland. Mungkin bisa minta ke supir utk turun di halte Tune Hotel.

      Hotel Citrus di JB Sentral murah kok, hampir sama dengan Tune. Silahkan liat reviewnya di tesyasblog ya.

      Cari taksi enggak sulit, tapi saya belum pernah pake taksi di JB. Jadi enggak tau metered atau tidak. Armadanya juga saya enggak tau mana yg murah dan mahal. Maap yah.

      3 hari di JB?
      -1 hari di Legoland Themepark dan Waterpark
      - 1 hari ke Hello Kitty dan belanja di Johor Premium Outlets
      - 1 hari: belanja di Aeon Tebrau, kalau mau bisa juga ke Johor Bahru Zoo.

      Delete
  16. aku baru balik dari singapore kemaren... next trip rencananya pengen ke legoland, tapi dilihat2 tiket pesawat ke malay lebih mahal drpd ke sing ya.. mau tanya.. kalo pesawat ke sing + bis sing-jb-sing itu lebih murah atau lebih mahal dibanding beli tiket pesawat direct ke JB?

    thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Tina, pesawat direct ke JB kan cuma ada AA dari Jkt, Bdg dan Sby, karena itu harganya enggak murah. Sementara pesawat ke Singapura banyak pilihannya, dan promo ke Singapura pun biasanya lebih sering. Tiket Jkt-JB per orang PP bisa sekitar Rp 2 juta harga normal. Kalau promo ya mungkin bisa Rp 1 juta an pp per orang.

      Jadi aku sarankan sih ke Sin dulu, kemudian naik bus umum. Kalau dari Changi naik bus TS1, biaya per orang 7 SGD, tapi kalau dari Queen Street bus terminal, harga bus SGD 2,5 per orang.

      Untuk harga tiket pesawat ke Singapura, saya sih kasih plafon Rp 500-700 ribu pp per orang. Lebih dari itu saya enggak beli, kecuali memang ada keperluan ya.

      So overall menurut saya lebih murah via Singapura, kecuali bener-bener dapet promo yang mantap untuk tujuan JB nya.

      Delete
  17. hai Tesya,
    kami dapet promo airasiago Jkt-JB 4 hr 3mlm, rencananya kami ke JB dan Melaka (by bus), kalo di Jb selain Legoland dan Sanrio, apa saja sih yg harus kita lihat(unik) krn saya ber3 dg teman ibu2 tanpa anak, pengen kuliner juga...kuliner khasnya apa/pusat oleh2 di JB ada? soalnya sudah browsing kok ngga ada info komplit ttg ini.
    Bis ke Melaka enaknya beli langsung di terminal atau bagaimana? soalnya kok ada alamat website juga, tp takutnya hanya utk masyarakat lokal...
    Mohon pencerahan ya..;)thankssss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Julia..JKT JB 4 hari 3 malam ya?
      Day 1: sampe udah sore kan ya, malam ke JPO aja
      Day 2: Legoland all day terus naik bus ke Melaka
      Day 3: Di Melaka, malam pulang ke JB. Inep di JB
      Day 4: Pulang ke Jkt
      Enggak ada makanan khas ama pusat oleh-oleh hahah.. Btw udah sempet liat postingku di tesyasblog mengenai Johor Bahru? Pls check it out ya supaya ada bayangan JB itu kaya apa.
      Bus ke Malaka untuk umum kok..dari Larkin Bus Terminal. Silahkan di googling infonya ya..

      Delete
    2. thanks ya, info dan sarannya sangat membantu nih....

      Delete
    3. Sama-sama Julia, anytime :)

      Delete
  18. hi mba tesya,
    sy udh boking hotel penerbangan 3hr 2mlm kalo tiba di changi 08.30 smtr wkt check in 14.00 enaknya kmn dl ya?soalnya cm berdua sm anak penegn ke legoland/hello kitty..minta saran nya dong tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Yani,
      I would suggest begitu sampai ke Changi, lgs ke JB aja, taro barang di hotel. Terus lanjut ke Hello Kitty Land dan kalau Yani mau belanja bisa ke Aeon Bukit Indah (lumayan deketan soalnya). Malamnya bisa ke Johor Premium Outlet.
      Day 2 ke Legoland Theme Park dan Water Park all day.
      Day 3 kembali ke Spore, langsung naik bus ke Changi.
      Hope it helps ya..

      Delete
  19. Hi, mbak tesya, Saya brgkt dari KL ke johor bahru turun di terminal Larkin, kalau ke hello kitty ada bus langsung ngga ya dari terminal larkin? Di hello kitty ada tmpt penitipan tas? Mall yg paling Bagus di johor apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Robin,
      Dari KL ke JB nya enggak naik kereta malam aja? Lumayan hemat hotel:p Kalau naik kereta api turunnya persis di sebelah JB Sentral. Anyway kembali ke pertanyaannya, aku coba jawab ya:
      1. Dari Larkin ke Hello Kitty: Bus LM1
      2. Penitipan tas: maaf Robin, aku enggak tau.
      3. Mall paling bagus: katanya sih KSL ya. Aku cuma baru ke City Square Mall dan Aeon Tebrau. I prefer AEON Tebrau.
      Have a wonderful holiday ya..

      Delete
  20. Hi mbak Tesyaaa salam kenal.. Aku Mia. Suka banget blogmu mbak, really helpful.
    Mbak, aku mau tanya.
    Klo dari changi ke legoland hotel bawa koper dan 2 anak enaknya naik apa ya? Terus dari legoland hotel ke v lavender jg gmana ya mbak? Thanks in advance mbak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mia..salam kenal juga ya, thank you udah mampir ke tesyaskinderen:)
      1. Changi ke Legoland bisa naik bus TS1, kalau pergi dengan Tiger, bus nya gratis. Bapaknya anak anak aja yg bawa koper:D
      2. Dari Legoland Hotel ke V Lavender: Naik Bus LM1 dulu dari Legoland ke JB Sentral. Dari JB Sentral naik bus CW2 tujuan Queen St Bus Terminal. Dari Queen St Bus Terminal jalan kaki ke MRT Bugis (5-10 menit lah), terus naik MRT ke Lavender Station.
      Semoga membantu ya infonya...

      Delete
  21. Hi Sis Tasya, sy n fam ( 2 adult n 2 kids) rcnny brkt weekend ini ke JB, mau cb nyari dutch lady kids go free kira2 adany di toko apa ya di JB nya? tq sis. Lydia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Ly ssa, the good news is, susu indomilk di Indonesia pun punya promo Legoland seperti Dutch Lady. Ayo beli di Indomart atau Alfamart terdekat :)

      Delete
  22. Hai Mbak Tesyaa...salam kenal ya dan aku seneng banget bisa ketemu Blogmu ini ...sangat membantu dalam membuat perencanaan liburan keluarga kami.
    Mbak mau minta sarannya donk...krn belum pernah ke KL ( hee he hee.... kunjungan pertama Mbak...jadi takut bayanginnya krn bawa anak dan banyak rencana pula )

    Rencana kami sekeluarga ber 5 = 2 adult 3 child ( 15 th; 12 th dan 2 th ) akan berangkat 2-8 Juli 2014 rencananya 2-5 Juli ke KL dan 6-8 ke Singapore. mohon sarannya...


    kalau saya udah merencankan sbb : di KL (tiket kami AA jam 12.10-15.45) yg ingin kami kunjungi = Puduraya ( hari pertama/ tgl 2 Juli, inap dimana yg low budget..); genting ( hari ke 2/ tgl 3-4 juli dan bermalam digenting, ada usulan hotel low budget...) ; Kembali ke KL tgl 4 juli dan inap di bukit bintang ( rencananya mau lihat twin tower )...atau Mbak Tesya bisa kasih usulan yg betul...

    Mohon saran juga tempat yg bisa kami kunjungi..mengingat Kunjungan pertama ( pengen dapat kesan yg mendalam ....hehehe )

    tgl 4-5 Juli perjalanan KL-JB pakai Train senandung malam

    tgl 5 Juli = Rencananya kami pakai ke Legoland (dan menginap di JB ) atau lebih enak langsung ke singapore (karena ini kunjungan ke 2 kami )
    ya...

    tgl 6-8 Juli = Singapore..( rencananya mau pergi yg gratis aja, dan bisa aja si kecil bermain air , Marina Bay, Marina Bay Sands dan Gardens by The Bay dan Marina Barrage ). krn kunjungan pertama blm sempat ke sana...(thanks e-book jelajah Singaporenya....bagus banget ..)

    oh iya, tiket pulang kami Jetstar tgl 8 juli 2014 jam 11.15-12.30....

    sorry ya Mbak Tesya...udah kasih pertanyaan yang banyak banget dan borongan....thanks a lot





    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Maya, thanks ya udah mampir di tesyaskinderen. Dan terimakasih udah suka ebook Singapura kami.
      1.Hotel di Kuala Lumpur: aku sih prefer stay dekat KL Sentral karena itu major transportation hub. Budget hotel ada namanya My Hotel KLSentral. Tapi ada dua lokasi, make sure kamu pilih yang dekat dengan Monorail Station.
      2. Sebentar..mau ngapain ya ke Puduraya? Kalau mau ke Genting, naik bus dari KL Sentral aja.
      3. Tempat wisata dengan anak di KL? Baca deh tulisan Kak Olen: http://backpackology.me/2014/04/09/3844/. Olen dan aku nulis buku Family Backpaking Singapura, JB dan Kuala Lumpur. Nanti kalau sudah launch I, beli ya buku kami :)
      4. Sampai di JB pagi-pagi terus planningnya langsung ke Legoland gitu? Mmm..istirahat dan mandinya dimana? Apa langsung nyemplung aja ya ke Legoland waterpark. That will be a good idea:D
      5. Lebih baik inap semalam di JB. Tune Hotel aja, ada shuttle ke Legoland PP, ada quadruple room, aku dapat MYR 140.

      Hmm..apalagi ya pertanyaannya, aku takut kelewat deh. Could you pls email me: tesyas.blog@gmail.com for any question which I haven't answered in this comment?

      Thanks ya...

      Delete
  23. Maaf Mbak Tesya...saya (Maya Dewi) yang tadi tanya untuk jadwal liburan kami sekeluarga ke KL_SIngapore tgl 2-8 Juli 2014..Maaf tadi belum kasih identitas diri karena select profile blm ada yg punya dan hari ini saya following twitter Mbak Tesya..tq ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Maya, thanks ya udah follow twitter @tesyasblog. Aku jawab di atas ya.

      Delete
  24. kami lg di jb ni mba tesya, stlh 2 hr di Sing. Waduh aku salah ni, kirain laser show di marina barrage, taunya di mbs ya...
    haduhhh ga jd liat kmrn, soalnya dah gerimis dari garden trus buru2 nyebrang ke MBS. tanya2 orang sana, gatau aku yg salah paham atau mereka yang salah info, kirain laser show di marinabarrage. Dan brarti kmhrs kembali ke garden krn ke barrage lwt garden lagi.... padahal ujan.
    yaud batal liat laser show. oh well, the more reason to visit Sing lagi, ya ga mba? :-)
    Semoga di JB kami sakseisss memenuhi itin :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah asyik di JB:) Have fun ya Fitrie.
      hehe iya betul ada alasan balik ke Spore deh :)

      Delete
  25. Saya hendra, mau nanya Apa Ada alternatif hotel selain citrus tdk yg deket jb sentral? Mahal sekali untuk triple roomnya. Hampir 2x double room harganya. Hotel hanya satu bgmn? Apakah ok ?

    Klo sudah malam dari sing ke johor naik apa ya? Apa msh ada bus dari tgh kota? Krn saya mau jalan jalan di sing tp nginepnya di jb sentral.

    Thnks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Hendra, Hotel Hanya Satu buat saya sih ok aja, karena ukuran kamar quadruple room nya lumayan besar dan bersih. Hendra silahkan tentukan aja setelah liat review hanya satu hotel di tesyasblog ya. Yang pasti lower down your expectation, it's a budget hotel. Kalau di Tune hotel gimana? Harganya masuk budget kah?

      Last bus baik dari Changi maupun dari Bugis sekitar jam 23.30 malam.

      By the way.. imigrasi nya lumayan cape loh kalo mau PP setiap hari. Saya tidak akan ambil opsi itu if traveling with kiddos.

      Delete
  26. Blog yang sangat bermanfaat, terima kasih Mba Tesya telah mau berbagi. Sekalian mau bertanya barangkali Mbak Tesya bisa bantu. Mei nanti kami sekeluarga 2 dewasa dan 2 anak umur 6th mau jalan-jalan ke Johor & Singapore. Pertanyaan Sy, ribetkah naik bis dgn bawa 2 buah koper, baik dari Changi ke Johor, ataupun dari Johor ke Singapore..? Itinerary yg Mbak Tesya buat mirip dgn rencana Kami, untuk di Johor kayanya ngga ada masalah karena ngga banyak pilihan. Hari pertama ke Hotel (Tune) kemudian hari ke 2 full Legoland. Nah setelah itu Kami akan ke Singapore selama 4 hari 3 malam dan menginap di Hotel 81 Dickson.

    Saya minta saran ke Mbak Tesya, kira-kira tempat mana aja yang bisa Kami kunjungi di singapore, terutama yang bersahabat buat anak-anak dan kalau bisa gratis he he. Oh ya hari ke 2 di SG rencananya akan main di USS. Sementara Itinerary Hati pertama Kami Kampong Glam - Bugis - China Town - Merlion - MBS Untuk Hari ke 2 Vivo City & USS, hari ke 3 masih lom tau mau kemana dan hari ke 4 pesawat Kami jam 14.00. Mohon masukannya ya Mbak Tesya dan maaf kalau tulisannya kepanjangan.

    ReplyDelete
  27. Mo tanya mas.. kalo tune hotel danga bay bisa titip koper gak? krn kita datang dari singapore kira2 jam 10 dan itu blm waktu check in.. Gak enak kan maen ke legoland sambil nenteng koper..
    Mohon infonya ya..
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, di Tune bisa titip bagasi, tapi bayar sekitar 2-5 ringgit. Saya ga tau itu refundable atau enggak. Karena kemarin awalnya saya mau nitip, disuruh bayar jadilah saya nitip kamar temen aja hehe

      Delete
    2. Hikks.. sorry ya mbak sebelumnya saya panggil mas..
      Mo tanya lagi nih, msh bingung mo nginep di tune atau hotel sentral JB, klo dari JB sentral ke Tune danga bay ada public transport/bus gak? klo LM1 lwt gak n bs turun di danga gak? ato klo naik taksi yg pake argo mangkalnya dmn? busnya sampe jam brp ya klo ada, rencana sampe JB sentral jam 8an malem..
      Sorry byk tanya nih, makasih sebelumnya

      Delete
    3. Hai...gpp Dedinho, santai aja :)
      Aku baru aja nulis ttg Tune Hotel di Tesyasblog, klik aja kategorinya Johor Bahru Hotels ya di kanan bawah tesyasblog.
      Aku coba jawab pertanyaannya ya:
      1. Pake taksi aja dari JB Sentral ke Tune. Naik taksi merah yang mangkal di depan JB Sentral. Biayanya MYR 12. Apalagi sampe JB jam 8 malam, udah aja naik taksi.
      2. Bus LM 1 ga turun di Danga.

      Pesan sponsor: I am uploading tesyasblog and tesyaskinderen dengan cerita kami liburan Legoland trip. Silahkan dilihat dan semoga bisa berguna :)

      Delete
  28. Hai Tasya, sy nuke...kami rencana mau ke sing dan legoland akhir bulan depan, kira2 di legoland crowded gak ya long weekend kejepit gt? and tasya punya info gak ya menginap d hotel berenam satu kamar, secara anak saya 4 dan susah ya kalo dipisah...thx ya infonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Nuke, salam kenal ya..btw nama saya tesya:D

      Kami kemarin kesana long weekend paskah, dimana Singapura juga libur, tapi JB ga libur. Liburnya kan Jumat, kami kesana Kamis, aman tuh enggak rame.

      Saranku, cek dulu di JB or Sin nya libur enggak? Atau bisa ikuti cara saya, kesana sebelum hari libur.

      Halmark hotel punya kamar sd 6 orang. Teman saya Mei, di geretkoper.blogspot.com punya review hotel Halmark. Coba dilihat ke blog nya Mei ya.

      Delete
  29. hai mba tesya...

    saya rencana mau k sin -JB ,..masi lama siy bulan sept...kebetulan dpt tiket promo AA,..rencana utk 4d3n..sy sekeluarga ber4 dgn anak yg masi sd
    rencana sih mau legoland atau universal studio,..tp hotel kami d dangabay.
    Trus menurut mba tesya enakan legoland atau universal yaa... soalnya harus milih ni , maklum bajet terbatas...untuk trasnportasinya bolak balik sin-jb-sin ribet dan mahal gak ???
    ato mba tesya bisa kasi itiny yg oke buat liburan kami nnti gak ???
    makasi infonya ya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai..salam kenal ya..sayangnya aku ga tau namanya nih hehe..
      Anyway, aku coba jawab ya pertanyaannya:
      1. Aku belum pernah ke USS. Ihiks. Tapi pengalaman ke Legoland kemarin sih, our kiddos suka banget ya di Legoland. Apalagi karena ada Chima:D Mereka juga belum berani naik yg serem-serem sih. Anakmu SD kelas berapa ya? I would say go for Legoland first kalau masih SD. Nanti udah besaran bisa ke USS.
      2. Bolak-balik Sin JB pake shuttle dari Tune itu kah yang MYR 25 per orang? Kalo pake bus umum iya, lumayan rempong kalau mau PP. Aku sih enggak sarankan PP Spore JB ya. Cape ama imigrasinya, especially kalo sama anak.
      3. Kali ini aku yg nanya: ini 3 nights di Tune terus? Pesawat ke JB apa ke Sin? Kalau ke Sin bisa contek itin kami di atas.

      Kalau mau lebih detail silahkan email ya. Email ku ada di page "HOME".

      Delete
  30. hai mba tesya... slam kenal aku icha... rencana tgl 26 april besok kan mau ke lego land, baru ngeh setelah baca blog nya bahwa kalo beli tiket via web tune lebih murah yah.. padahal aku kemaren cuma booking untuk kamarnya aja... kira2 kalo beli di hotelnya langsung bisa ga yah?pleasee infonya yaaa... makasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Icha, wah maaf aku enggak tau bisa enggak nambah add-ons. Icha bisa kirim pertanyaan via web nya Tune, pilih aja hotel nya Tune Danga Bay. Aku pernah nanya dua kali dan keduanya dijawab cepat sama mereka.

      Delete
  31. mba tesya, salam kenal. saysa sansan ^_^

    ak mau brangkat tgl 13 oct nanti via AA dari jkt ke JB, berhubung di cancel penerbangan nya sama AA.
    ak mau ubah dr jkt sing. trus sing lg ke JB. ak uda booke hotel di KSL juga
    nah ke sana ak mau ke lego land & helo kitty juga.

    yg mau di tanya, kl ak bawa koper sekitar 4 pcs. dengan 3 adult dan 2 child (5yo & 3 yo)
    trus naek bus ke dr changi ke sing. apa ada penititipan koper nya di bus ?? aman ga ?

    kl balik dr JB ke sing nya , koper tetep bawa turun juga ya ?
    nanti supir bus nya mau nunggu kita ga ya ??
    trs kl di sing sy nginap di people's park, chinatown. nanti bus nya turun dimana nih ?
    kl dr JB saya naek taksi ke sing nya. bisa pesan dimana ya ??

    mohon info nya.ya ^_^

    trims sebelum nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Sansan, aku coba jawab pertanyaannya ya:

      1. Naik bus TS1 dari Changi kelebihannya adalah ada luggage storage area di depan bus. Silahkan cek posting detail saya di tesyasblog.com mengenai bus TS1 ya. Klik aja label Johor Bahru di bagian kanan bawah dari www.tesyasblog.com. Simpan koper di area itu aman. Tapi, semua koper harus dibawa turun saat tiba di Woodlands dan di imigrasi Malaysia.

      2. Balik dari JB ke Singapura naik bus, iya koper semua harus dibawa turun saat masuk ke Singapura (imigrasi Woodlands). Supir bus CW enggak nungguin kita, tapi pengalamanku naik bus TS1 yang dari Changi, ditungguin sama uncle driver nya. Mungkin dia kasian ama kita bawa 5 anak kecil:D

      3. Nginep di Chinatown ya? Paling deket sih turun di Queen Street Bus Terminal, naik bus CW2. Rute bus detail ada di buku aku dan @olenp ya. Silahkan dipesan via email ya hehe.

      4.Dari JB ke Sin, ada di JB Sentral supir taksinya. Tapi mereka maunya dibayar pake SGD, enggak mau pake MYR. Dan harus pinter nawar.

      Semoga membantu ya jawabannya..

      Delete
  32. mba tesya maap nanya lagi.

    kl beli tiket lego , helo kitty dan universal.
    ada saran ga yg murah liwat mana ?? via web masing2 ato via agent travel dr indonesia ??
    kl agent , bole minta nama nya

    trims ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Sansan, tiket Legoland pake promo Indomilk aja, itu udah yg paling murah. Kids go free promo, berlaku sd Sept 2014. USS coba bandingkan di web sama di asiatravel ya. Banyak yg bilang asiatravel ini murah. Coba cek web nya ya. Kalau Hello Kitty aku sih cuma tau harga dari web nya.

      Delete
  33. hallo mba tesya,,,alhamdullilah bermanfaat sekali baca blog mba krn kita sama sama punya kiddos dan suka jalan, sebelum libur ke jhb aku baca semua dan beli buku nya mba...itin saya setelah menginap semalam di sings pagi jam 8 saya ke sings flyer krn sdh pesan tiket di wts sings travel dengan pp 20 $ yang ingin saya tanyakan pada saat pulang nanti bus yg akan kami tumpangi jam 5 sore sedangkan pesawat kami jam 8 malam apakah terkejar waktunya mba?
    Day 1 tiba di sings malam jam 7
    day 2 otw JHB ke legoland park nginep di hotel legoland
    day 3 otw waterpark lego and hello kitty land sd jam 5 naik shuttle dr legoland otw sings di sings flyer lanjut naik taxi ke changi...mohon arahannya mba krn pesawat kami jam 8 malam apakah terkejar..trimsss mba tesya cantik

    ReplyDelete
  34. Hai Mom Haziq dan Sarah,

    Makasih udah beli buku kami dan udah baca blog kami ya hehehe:) Pesawat jam 8 malam dan dari JB jam 5 sore? Udah pasti ga sempet Mba. Tergantung juga sih Mba perginya kapan ya? Kalau lagi musim liburan atau long weekend, antrian imigrasinya lama.

    Paling save pergi 5 jam sebelum jam penerbangan menurut aku sih.. Kalau mau dari JB ada bus TS1 yang langsung ke Changi. Pake itu aja.

    Wah ini bener-bener Legoland trip ya ceritanya, jadi Spore nya dilewatin aja hehe..

    ReplyDelete
  35. Salam kenal mbak,aq rnc ke legolang ber 5 dgn anak usia 12,10 dan 7 thn mau menginap di legoland htl dan beli combo tiket 2 hari theme park dan water park.Kemrn sempt browsing tiket jkt johor tp tglnya ga selalu ada yah jd aq ganti planning mau ke sing dl dan lanjut ke legoland tanpa menginap di sing.Yang aq mau tanya,dari changi ke htl legoland bisa naik taxi nggak?biaya berapa ya?begitu juga utk pulangnya,dari legoland htl ke changi naik taxi darimana?biaya taxi berapa?Makasih yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Maia, wah asyiknya mau inep di hotel Legoland. Kami juga udah enggak sabar balik lagi ke Legoland dan mudah2an bisa menginap di hotelnya yang keren itu!

      Dari Changi, kamu harus naik taksi dulu (or MRT ke Bugis) ke Queen Street Bus Terminal. Dari Changi sekitar SGD 20-25. Dari situ barulah bisa naik taksi ke JB degan biaya sekitar SGD 40-60 tergantung macet atau enggak. Nanti di JB, kamu harus lanjut naik taksi ke hotel Legoland, karena taksi Singapura cuma boleh sampai perbatasan masuk JB. Kalau mau cara murah seperti kami, bisa naik bus TS1 dari Changi ke Johor Bahru. Ada post nya di tesyasblog.com. Cari aja kategori "Johor Bahru" ya.

      Untuk pulang ke Singapura dari Johor Bahru naik taksi: Maia naik taksi dulu dari hotel Legoland ke JB Sentral. Dari JB Sentral naik taksi deh ke Singapura. Kemarin ini salah satu pembaca blog cerita kalau dia naik taksi dari JB Sentral ke Changi SGD 60. Tapi katanya, supir taksinya awalnya nawarin dari SGD 120, keahlian nawar sangat dibutuhkan:D

      Semoga menjawab ya pertanyaannya, dan juga semoga lancar acara jalan-jalannya.

      Delete
  36. Halo mbak.. mau tanya nih kebetulan mau ke spore ntar bulan september.hehe
    1. Kalo di spore tidurnya di masjid dibolehin ga ya mbak? Nah Kalo tidurnya di changi, itu di terminal berapa yg aman dan enak?
    2. Kalo dari spore mau ke maly lbh murah ke johor atau lgsung ke kl? Kira2 hrga busnya brapa ya mbak? Oh ya tiket legoland itu hrganya berapa mbak?
    3. Tempat makan yg murah2 di spore dan mly ya mbak infonya.hehe
    Makasih bnyak mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Bryan, coba aku jawab ya:
      1. Tidur di masjid enggak boleh, tidur di Changi pun hanya boleh di luar setelah cap imigrasi. Semua terminal sama aja kalau di luar nya sih, paling kalau mau tidur di McD.
      2. Spore ke Malah lebih murah ke JB karena emang deket, Tiket bus ke JB SGD 2,6 naik bus Causewaylink. Kalau mau ke KL, lebih baik naik bus dari JB karena ongkosnya dalam Malaysian Ringgit. Tiket Legoland MYR 140. Nah mengenai jadwal bus dan harganya, bisa diliat di buku aku yang Family Backpacking Singapura dan Malysia ya.
      3. Tempat makan murah di Singapura: daerah Mustafa Little India, Food Court Sedap Vivo City, Murtabak Zam Zam. Kalau di JB yang murah di Meldrum Walk.
      Have fun ya liburannya :)

      Delete
  37. mlm mbak, mau tanya ni sy berangkt dari jkt jam 18,30 mlm dan tiba di sing jam 21.20 kalo mau langsung ke jb apa masih ada bis yg langsung dari changi? sekalian mnta recomen hotel yg murah di jb ya mbak.tx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai..
      Bus Transtar TS1 itu beroperasi sd jam 23.30 dari Changi ke JB. Udah baca link yg aku kasih di ataa ttg bus TS1?
      Hotel yg murah di JB: sebetulnya di JB murah-murah kok. Yg aku pernah Tune Hotel, Citrus Hotel dan Hanya Satu Hotel. Semua review hotel tsb ada di tesyasblog ya.
      Have fun di JB:)

      Delete
  38. hi mba tesya, kami ada rencana ke malaysia, spore dan batam(nikahan sepupu), minta tolonggg bgt dikasih sarannya dgn kondisi sbb:
    kami bertiga, suami istri sama anak 1 setengah tahun.
    cuti kerja dari hari rabu 24 sep -senin 29 sep.
    ada waktu buat malaysia sing itu tgl 24-26 aja krn 27-28 harus udah dibatam mba.
    jadi flight dari jkt ke mal atau sing? kalau pulang sdh pasti batam-jkt.
    plis ya mba

    ReplyDelete
  39. Dear Mbak Tesya, saya dan keluarga (suami dan 2 anak) pengennya ke KL karena kalau Singapore sudah sering. Tapi saya dengar kl mau ke legoland lbh dekat dari Singapore. Menurut mbak bgmn? Mana yang lebih menarik untuk anak2? Tolong pencerahannya ya mbak. Thanks -Yellen

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Yellen, buat saya Singapura dan Legoland (yes betul Legoland itu lebih dekat dari Singapura) lebih menyenangkan daripada KL. Tapi itu my own opinion ya. Kalaupun Yellen mau ke KL, bisa ke Genting, Sunway Lagoon, ataupun melipir ke Melaka. Kemudian bisa coba sleeper train dari KL ke Johor Bahru, dan bermain di Legoland. Have fun ya :)

      Delete
  40. Mba mau tanya saya dan teman saya rencana nya tgl 1-5 November ini mau ke sing-Malaysia dg budget backpacker . Brgkt sore dr Jkt jm 17.25 mlmnya mau lgs ke Malaysia mau ke KLCC. Mohon itinerary nya mba, rencana nya tgl 3 lgs balik lg singapur kami hanya numpang nginap dibandara aj krn hemat budget bingitss, mohon bantuannya mba. Terimakasih

    ReplyDelete
  41. Buat yg planning mau ke legoland bs book apartment disini
    https://www.airbnb.com.id/rooms/4310952
    Pemiliknya org indo jg, 10 menit drive ke legoland + 5 menit drive ke Jusco shopping mall.
    Ke singapore jg ada direct bus deket dr apartment.... semoga bermanfaat :)

    ReplyDelete
  42. Hallo mba tesya salam kenal. rencana saya bln depan mau ke jb via sin dgn keluarga besar 7 dewasa + 2 anak. klo bis dari ts1 ke jb perhentian akhirnya apakah di jb sentral? trus klo sampai di imigrasi untuk cap paspor dan ganti bis sdh tidak bayar lagi untuk bisnya? dan untuk kepulangan dr jb ke sin naiknya dari mana klo mau langsung ke changi lagi. klo htl citrus dari tempat perhentian bis di jb sentral bisa ditempuh dgn jalan kaki atau naik taksi. transport bis di jb klo menginap di citrus apakah ada utk ke legoland dan hello kitty. tempat makan yg murah di jb dimana ya mbak. mohon info nya ya mba krn saya baru pertama kali kesana dan maaf pertanyaannya banyak. makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba or Mas, sayangya ga ada namanya nih hehe..Aku coba jawab pake nomor ya, supaya ga kelewat:
      1. Perhentian akhirnya bukan JB Sentral, tapi Kotaraya Bus Terminal.
      2. Naik dari Kotaraya Bus Terminal atau dari JB Sentral. Tapi musti ngepas-in jadwalnya agak challenging. Saran aku sih naik bus biasa aja. Di Sing nya baru naik MRT ke Changi.
      3. JB Sentral ke Citrus jalan kaki aja 15 menit kalau dari imigrasi Malaysia ya.
      4. Dari Citrus bisa naik taksi. Atau bisa jalan kaki lagi ke JB Sentral naik bus LM1. Tapi pas in jadwalnya ya.
      5. Begitu keluar Citrus Hotel itu semua yg jual makanan kok, santai aja hehehe
      Semoga membantu ya..

      Delete
  43. Hii mba tasya.. Salam kenal.. Rencana sy thn depan ke singapur dan KL bersama 3 0rg teman slm 1 minggu.. 3 hr pertama di singapur lalu br ke johor dan KL.. Kami plg ke jkt dr KL.. kalau dr singapur ke johor lbh baik sy naik bus atau taksi ya mba..? Krn sy dan teman2 semuanya membawa koper.. Mohon bantuannny ya mba.. Thx a lot.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba tesya maaf sy salah ketik namanya..

      Delete
    2. Hai Mba, it's ok :)
      Kalo menurut saya sih kalo cuma sama temen2 ga masalah naik bus umum. Btw kopernya emang segede apa? Atau kalau memang ada budget lebih, ya naik taksi aja SGD 40-SGD 60 kalo dibagi tiga kan lumayan ga terlalu berat hehehe..
      Dari JB ke KL cobain naik kereta api yg ada tempat tidurnya itu ya. Asik loh, hemat hotel satu malam pula.

      Delete
  44. Hai mba tesya, beruntung bgt aku dapet blognya. Mohon bantuannya ya mba. Rencana tgl 13 feb ini aku mau ke jb dgn suami, ibu dan 2 anak (3,6thn dan 5mos). Suami ngajuin 3pilihan hotel ; doubletree by hilton, puteri pacific dan bluewave. Kalo menurut saran mba tesya bagusnya pilih hotel yg mana ya yg kira2 paling deket dgn jb sentral dan city square mall kalo hanya dgn berjalan kaki? Karena rencana saya mau ke jpo jg dgn bus berti harus cari hotel terdekat dgn jb sentral. Mau hotel yg gampang cari makannya jg mba ga perlu naik taxi gtu soalnya kalo jauh repot kasian yg bayi. Mohon bantunnya mba tesya. Salam kenal saya Ayu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Ayu...salam kenal ya. Thank you udah mampir ke blog kami :)

      Dari ketiga pilihan hotel itu, yang paling deket Double Tree By Hilton kalo aku liat di map. Tapi karena waktu kesana belum ada nih hotel, jadi aku enggak kebayang.

      Atau supaya ga nyesel, inep di hotel Legoland aja, serius deh. Kerennya banget! *except for the pool. Hehhehe..

      Delete
  45. sudah beli bukunya nih mbak... :) btw kalau mau sholat Jumat di Legoland bisakah? atau mesjid terdekat di Legoland brp km jaraknya ya kira2?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mbak, makasih udah beli bukunya. Di Legoland saya lihat ada surau, tapi tidak tau apakah bisa dipakai solat Jumat. Mungkin Mba bisa email ke Legoland dan bertanya tentang hal ini ya.

      Delete
  46. Hi mbak Tesya... salam kenal, blognya sangat bermanfaat. Saya Vetty, rencana mau ke Singapore bersama kawan2 sekitar 12-14 orang. Bisa kasih info ttg apartment atau rumah sewa di S'pore mbak? thx mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Vetty, terimakasih for your kind words.
      Waduh 12-14 orang ya? Saya enggak tau apakah bisa, coba wa ke Pak Heru: +6593723570 Bilang aja tau dari Tesya ya.
      Kalau enggak, nginep di hostel, apakah berminat? Ada hostel yang bisa sekamar ber 6, jadi book dua kamar. Tapi WC di luar ya.
      Semoga membantu Mbak..

      Delete
  47. Assalamu'alaikum, salam kenal mbak Tesya. Saya Risa.
    Mbak, makasih banyak infonya yg sangaaaat luar biasa lewat blog dan ebooknya. Sukaaaaaa banget dan keren deh ini blog. :D
    Oh iya mbak Tesya, kira2 kalau ke Singapur 3D2N dengan Kiddos (3y dan 6m) tempat penginapan yg ada dapurnya gitu dimana ya?
    Jika berkenan, mohon arahannya. Terimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Risa, salam kenal ya.
      Wah makasih udah baca blog dan ebook kami. Sekalian atuh Mba jangan lupa beli bukunya juga, lah ini mahal promosi:D
      Mba budgetnya berapa? Kalau mau nginep di Evergreen Residence, itu semalam SGD150 untuk family room. Aku ada reviewnya juga Mba, googling aja di: Evergreen Residence Singapore tesyasblog ya.

      Delete
  48. Dear mba Tesya..namaku Della..btw blognya bermanfaat banget neh..aku jd tau klo mao ke Legoland dr Sin bisa nae bis Causeway or taksi..nah rencananya aku tgl 29 ini mo ke Sin n besoknya ke Legoland tp bawa anak 3thn n 16 bulan jd sptnya saya akan milih alternatif nae taksi..nah itu nae taksinya benar2 sampe Legolandkah atau berhenti dulu ke imigrasi dan pindah taksi lain lagi? Kalo untuk sewa mobil dan supirnya kira2 brp yaa mba costnya kl dr Sin?Lalu apa cukup yah waktunya seharian ke Legoland-Hello kitty land-JPO dgn bw 2 balita?kira2 uda mnikmati bener belum yah ke uss, legoland n hello kitty untuk balita?ada saran lainkah tempat wisata menarik lainnya untuk balita di Sin dan JB?makasih bnyk yaa mba infonya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Della, Alhamdulillah kalau tesyaskinderen bermanfaat untuk planning liburan keluargamu ya. Jangan lupa beli bukunya juga donk hahaha:D Ini aku coba jawab:
      1. Taksi sd JB Sentral. Dari sana ganti taksi Johor Bahru ke Legoland.
      2. Dari Sin aku enggak tau berapa kalau sewa mobil plus supirnya.
      3. Seharian ke Legoland, Hello Kitty dan JPO sebetulnya cukup aja. Tapi apa enggak sayang udah bayar tiket masuknya mahal namun cuman menikmati bentar aja di Legoland dan Hello Kitty?
      4. Legoland bisa cocok untuk anaknya Mba karena ada playground untuk anak-anak juga, tapi perlu dicatat kebanyakan mainan ada minimum height 120cm nya. Hello Kitty Land tergantung seberapa suka anak Mba sama Hello Kitty. USS hanya menikmati di beberapa wahana khusus kali ya.
      5. Banyak Mba, coba baca bagian Tempat Wisata Gratis di buku Family Backpacking Singapura & Malaysia deh ya :)
      Have fun ya Mba liburannya!

      Delete
  49. Hai mbak tesya salam kenal ya.. saya mau nanya2 dong hehe rencana mau ke legoland, kl msl ny dr jkt ke KL trus nyambung plane lg ke johar mnrt perhitungan ny lbh mahal ga dr pd dr KL naik bus ke johar? Atau hrs dr sing lbh murah ke johar? Tlg info nya ya mbak, thx ... #hughug

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Yenny, salam kenal juga ya..

      Tergantung sih, dapet promo enggak dari KL ke JB nya? Yang pasti kalau naik pesawat dari KL hemat waktu ya. Tapi kalau enggak dapet harga promo, pasti lebih mahal naik pesawat sih.

      Dari Singapura oke juga Mba, naik bus umum hanya SGD3-4 aja per orang. Jadi Mba coba compare, tiket pesawatnya yang murah dari Indonesia ke KL atau Singapura? Baru menentukan pilihan hehe..

      Delete
  50. Dear Mba Tesya, salam kenal nama saya Ghanis. Bulan Agustus besok saya berencana ke Legoland via Singapore bersama suami dan dua anak saya (8th dan 4 th). Ini adalah perjalanan pertama saya ke Singapore. Saya berangkat dengan AA jumat pagi dan rencananya langsung cek in hotel di Singapore. Selanjutnya kami akan city tour di Singapore. Nah pagi harinya kami baru akan berangkat ke Legoland. Boleh dikasih masukan untuk Hotel di Singapore yang tidak terlalu mahal dan akses mudah ke city tour? Termasuk juga itinerary menghabiskan siang sampai malam hari di Singapore? Kalau di bayangan saya pengennya Merlion Park, Garden By The Bay sama belanja oleh2. Minta advise nya dong bagaimana baiknya mengatur rencana perjalanan kami. Makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Ghanis, karena sampai Jumat dan besok paginya ke Legoland, sebaiknya inap di dekat Queen Street Bus Terminal. Yang paling ideal sih Bugis Village Hotel, terletak di seberang bus terminalnya. Ohya, naik bus hari Sabtu ke JB Sentral itu macet. Harus pergi naik bus jam 6 pagi ya.

      Siang sampai sore main ke Gardens By The Bay aja, anak2 pasti suka Children Playground nya. Dari Bugis MRT bisa naik MRT line biru sekali ke Bayfront MRT. Belanja oleh2 bisa di Bugis Village malamnya. Tuh kan, jadi emang mendingan inep di Bugis sih hehe.

      Delete
    2. Makasih replynya mba, sepertinya untuk berangkat ke legoland saya memilih naik taksi saja karena bawa koper. Nah dimana baiknya saya cari taksi yang recommended, apakah bisa ditemukan di depan hotel? Trus di legoland bisa nitip koper kan ya, biar kami nggak perlu ke hotel dulu.

      Delete
    3. Taksi hanya bisa dari samping Queen Street Bus Terminal, itu taksi khusus ke JB Semtral. Nanti dari JB Sentral, naik taksi biasa ke Legoland. Aku bahas di buku Family Backpacking Singapura dan Malaysia ttg hal ini juga.

      Delete
  51. Hai mba tesyaa.. senang deh baca blog mba.. rencana mau ke sgp ma kl nih.. tadi cari bukunya di gramed gak ada.. klo mau beli gimana yah .. dapet apa aja kak bukunyaa makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai juga Yuni, bisa pesen ke aku, coba email ke tesyas.blog@gmail.com ya.

      Delete
  52. dapat peta tempat wisatanya gak yah mba maaf yah mba banyak tanya

    ReplyDelete
  53. hai mbak tesya....saya berencana mau ke JB tgl 5 - 8 july ini,,,,udh mo book tune hotel yg quad room,,,msh bingung apakah quad room otomatis sdh include ac ya kamarnya,,,,jadi tggal add on toilters dan tv aja
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Merry, klik yang add on paket handuk, wifi dan ac aja ya, biar udah include semuanya:)

      Delete
  54. hai mba tesya, saya berencana ke JB dan singapore tgl 14-18 uli ini. Udah mepet sih, tapi mumpung anak2 masih libur lebaran. Boleh bantuin ittenarynya doong,, saya baru nyampe kamis siang jam 11 di singapore. Thanks yaaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Poppy, kalau sempat ke Gramedia, beli buku kami yang Family Backpacking Singapura dan Malaysia, biar bisa baca gambaran detail itinerary plus budgetnya ya. Dan tempat wisata untuk anak juga kami bahas disana.

      Tapi ini gambaran besarnya dari saya:
      14 Juli: tiba di Sin, ke hotel. Setelah cek in ke Gardens By The Bay, di buku kami bahas area yang gratisnya di GTB. Malamnya ke Marina bay Sands nonton Laser Show, gratis.
      15 Juli: Singapore (USS all day?)
      16 Juli: Singapre (Singapore Zoo mungkin? Atau mau ke Singapore Science Center?). Sore/malam: go to JB. Menginap di JB.
      17 Juli: Legoland all day.
      18 Juli: kembali ke Indonesia (ini pulang dari JB ke Indonesia?)

      Delete
    2. mba tesya,, makasih buat gambaran ittenarynya,, 5 hari ga cukup ternyataa,, anak anak masih betah aza..

      Delete
    3. Hehehe...emang seneng ya kalau liburan. Gpp Mba Poppy, pertanda musti balik lagi:)

      Delete
  55. Hi mba tesya, ak udah baca bukunya hihihi.. Yang mau aku tanyain kalau naik taksi di malysia maksimal brp org? Soalnya kalau di singapore saya suami dan 2 anak ( yg satu umur 8 thn ) dihitungnya dua taksi 😅😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah Masa Mba, saya di Singapura masih bisa satu taksi ama suami dan dua anak saya. Di Malaysia juga sama ber empat bisa Mba.

      Delete
    2. Imba minta info untuk backpack ke legoland ya enaknya bagaimana, sekaligus biayanya ya,biar saya ga kaget

      Delete
    3. Hai Mba, kalau mau ke JB, enaknya dari Singapura aja, lanjut naik bus umum. Kalau untuk estimasi biayanya:
      - tiket pesawat Rp 1,5 juta PP per orang.
      - hotel di JB bisa dapet Rp 1 juta per malam untuk 2 anak dan 2 dewasa.
      - paling alokasi termahal adalah masuk ke Legoland nya. Untuk biayanya silahkan cek di website Legoland ya.
      - makan dan transportasi di JB, sama dengan harga di Indonesia.
      Semoga membantu ya Mba.

      Delete
  56. Salam kenal mba Tesya, Alhamdulillah bisa ketemu dg blognya mba Tesya,blognya sangat membantu sekali, kami Insyaallah ada rencana Stay disingapura tgl 22 juli 10.00 baru sampai changi, tgl 25 juli jam 02.45 pagi sdh berangkat lagi ke Saudi, kami ber4 dg 2 anak cewek 6 dan 10 Th, mereka sebenarnya pengen ke legoland setelah Baca2 kok rasanya gak cukup waktunya, mhn bantuan donk buat itinerary n budget nya... Hotel mana yg Kira2 recommend... Thanks sebelumnya ya... Oh ya sebelumnya saudi Indo akhir bulan juni kami transit di Singapura 8 jam rencananya mau ikut City tour changi dulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba, bisa kok langsung aja ke LL dari Changi.
      Jadi Mbak nitip koper besar di Changi, terus bawa baju di backpacki, langsung naik bus dari Changi ke Johor Bahru. Mba nginepnya di hotel Legoland aja biar puas semalam.
      Nah tgl 24 malam setelah dari Legoland, Mba pulang lagi ke Singapura naik bus CW2 ke Bugis.
      Mba nginep di Bugis Landmark Village, seberangnya bus station yang dari Johor Bahru. Bsk paginya tgl 25 Juli, jangan lupa makan Murtabak Zam Zam di dekat hotel hehe.

      Delete
  57. Hai mba tesya.....kalau locker rental di JPO bisa utk large luggage ga mba?...
    Thx b4

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mbak, mohon maaf aku enggak tau. Yang pasti aku lihat ada luggage storage disana. Mungkin Mba bisa tanyakan disini => http://premiumoutlets.com.my/contact-us/

      Delete
  58. Hallo Mba Tesya salam kenal,
    InsyaAllah 21 Feb 2018 kami b4 (Parents+2Kids 7yo n 6yo) plan k KL lanjut k JB tpi masih bingung transportasi dr KL to JB apakah masih ada sleeper train or by bus aman nda y mba dg bawa anak 7,6thn brkt Luggage
    Pls Advicenya
    Many Thanks Mba Tesya
    SatyaCya# 0818499119

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba, maafkan aku baru balas (:
      Katanya sleeper train udah enggak ada ya Mba. Jadinya Mba naik apa ke JB? Sebetulnya yang nyaman pake bus ya Mba, biar 5 jam juga gpp hehe.
      Semoga perjalanan Mba kemarin ini lancar ya.

      Delete
  59. Dear mba tesya

    Mba saya mau ke johor bahru via Singapore. Jadi day 1 dari changi saya langsung ke jb. 3 malam d jb. Habis itu balik lagi ke Sing. 2 malam di sing balik indo. Yg mau d tanyakan untuk mengisi kartu imigrasi pas datang pertama ke singapur untuk hotel tempat menginap nya apa ya secara saya pas dateng ke changi langsung keluar lagi ke jb. Mohon infonya mba. Trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Widi, ini saya udah telat banget jawabnya, maafkan ya. Tapi saya tetap akan jawab untuk yang lain ya.

      Tulis aja di kartu kedatangan: "go directly to Johor Bahru" Nanti baru dijelaskan ke petugas jika ditanya lebih lanjut ya.

      Delete